Sunday, April 29, 2012

Kekian

Kekian


Kekian adalah makanan kesukaan suami saya Waktu kecil suami saya sering sekali makan Kekian dari Semarang. Saya sendiri tidak pernah makan Kekian, jadi pengen tau juga apa sih rasanya Kekian karena suami sering cerita bahwa Kekian itu euunaak sekali..:)
Resep ini adalah hasil dari 'wawancara' saya dengan suami apa rasanya Kekian dan kira-kira bahan apa saja yang dipakai dan saya cari juga resep di internet dan dimodifikasi sesuai dengan selera kami.
Setelah dikukus dan digoreng, dan suami mencoba, dia bilang klo Kekian yang saya buat ini mirip banget dengan Kekian yang pernah dia makan dulu semasa kecil-nya...he..he..jadi keinget cerita di film 'Ratatouille' ..:)

Bahan :

600 gr. Udang - kupas kulitnya 
600 gr. Lemak Babi - kulit-nya dibuang.
200 gr. Sagu
1 buah Labu Siam - kupas, parut kemudian peras air-nya, ampas-nya saja yang dipake
(Labu siam biasa saya gunakan untuk supaya adonan tidak jadi alot kalo pake Sagu)
5 buah Telur - kocok lepas
5 siung bawang putih
Garam 2 sdt
Gula 1 sdt
Lada secukupnya.

Cara Membuat :
Lemak Babi, pisahkan kulitnya, potong-potong

Lemak Babi yang sudah dipotong-potong, dicampur dengan
udang yang sudah dikupas

Siap dimasukan ke Grinder, untuk dihaluskan



Lemak Babi dan udang yang sudah halus, ditambahkan
telur, garam, gula, bawang putih dan lada, aduk rata
Kemudian masukan ke pinggan tahan panas, kukus selama kurang lebih 30-45 menit.
Setelah di kukus, dipotong-potong setebal 1 cm, goreng dan sajikan panas.
Kekian enak dimakan dengan kecap(kalo suka bisa ditambah cabe rawit) atau bisa menjadi salah satu bahan u membuat capcay.









2 comments: