Thursday, October 25, 2012

Kunyit Asem

Kunyit Asem.
rasa asam nya dari jeruk nipis.
Bisa ditambahkan madu bila suka.

Di Indonesia, kita dengan mudah mendapatkan kunyit asem, ada yang di jual oleh ayu jamu atau di pasar,  di supermarket-pun sudah ada yang jual di botol kemasan. Kalau disini...he..he..saya mau minum kunyit asem harus buat sendiri. Mungkin di toko Indonesia ada di jual, tapi akhirnya saya merasa lebih sreg buat sendiri karena tidak pake pengawet atau pewarna dlsbnya, saya buat dari kunyit segar. 
Kunyit sangat banyak manfaatnya, antara lain sebagai obat sakit maag, membuat kulit menjadi lebih cerah.
Saya menggunakan jeruk nipis sebagai gantinya asam jawa karena dari pengalaman saya, kalau di pagi hari saya minum  kunyit asam yang pake jeruk nipis ini, tidak membuat perut menjadi perih.

Bahan :
250 gr Kunyit segar
3.5 - 4  liter air
1 sdt garam

Cara membuat :
Gunakan kunyit segar untuk membuat kunyit asem.

Saya selalu mengunakan sarung tangan plastik waktu mengupas kulit kunyit,
supaya tangan tidak menjadi kuning.

Setelah kunyit dikupas, haluskan kunyit dengan blender.
Tambahkan air dan masak sampai mendidih.

Setelah mendidih, diamkan sebentar dan saring.






No comments:

Post a Comment