Saturday, May 5, 2012

Pindang Bandeng

Teringat dengan masakan alm. ibu saya, jadi pengen makan Pindang Bandeng. Di tempat tinggal saya, ikan bandeng banyak sekali di jual di supermarket Asia. Nama lain Bandeng = Milk Fish

Pindang Bandeng adalah masakan yang sering kita liat di perayaan Tahun Baru Imlek.

Alm. ibu saya selalu masak Pindang Bandeng dengan api kecil sekali dan lama masaknya, dari pagi sampai sore. Cara memasak seperti itu tulang ikannya bisa jadi empuk dan bisa dimakan. 
Kalau mau masak Pindang Bandeng saya menggunakan slow cooker, selain praktis dan bisa ditinggal.

Bahan :
1 ekor ikan Bandeng
1 buah kunyit (kupas kulitnya dan potong-potong)
3 buah bawang merah
asam jawa (seukuran jempol)
daun salam
garam secukupnya
kecap manis 8 sdm
Air (sesuai selera)

Kalo mau lebih wangi : bawang merah dan kunyit dipanggang dulu sebentar.


Ikan Bandeng yang sudah dibersihkan.

Ikan dipotong jadi 6 bagian.

Pertama, saya siapkan 'kuah' nya dulu : air + garam+ kecap manis
kalo sdh rasanya cukup baru masukkan bawang merah,kunyit,
daun salam, asam jawa.Setelah itu baru masukkan ikan bandengnya.
Nyalakan Slow Cooker-nya, saya pilih yang 'high', tunggu
kira-kira7-8 jam

Pindang Bandeng yang siap
disantap..hmmm..yummy!!




No comments:

Post a Comment