Friday, January 25, 2013

Thrift Store (Toko Barang Bekas)

Salah satu Thrift Store di daerah Pasadena,CA
Kotak biru yang berada di pinggir jalan ini adalah tempat penampungan barang-barang bekas yang memudahkan donatur
Mungkin bagi sebagian orang Indonesia belum terbiasa mengunjungi Thrift Store ( Toko Barang Bekas). Karena biasanya barang bekas kita berikan kepada pembantu atau disumbangkan ke panti asuhan. Di Amerika ini banyak juga Thrift Store, karena orang Amerika terbiasa untuk membeli barang baru dan biasanya barang yang lama mereka sumbangkan ke lembaga sosial.
Karena situasi ekonomi Amerika yang lagi kurang baik, sekarang banyak juga orang yang mulai melirik Thrift Store untuk membeli barang-barang keperluan, harganya sangat bersaing hanya sekitar 10 - 25% dari harga toko. Ada juga yang memang sengaja datang ke Thrift Store untuk melihat barang-barang yang termasuk 'Vintage' (antik - barang sekitar tahun 70-an sudah termasuk) dan mereka bisa menjualnya dengan harga cukup mahal di online.

Thrift Store yang saya kunjungi merupakan salah satu bentuk pelayanan sosial dari yayasan dari salah satu gereja di daerah Pasadena. Mereka mendapatkan barang-barang tersebut secara gratis dari para penyumbang. Kemudian yayasan tersebut menyewa ruang toko sehingga peminat dapat melihat barang-barang bekas tersebut secara leluasa.
Keuntungan yang didapat digunakan untuk melayani para tuna wisma atau membina orang-orang yang kurang mampu di daerah Pasadena tersebut.

Saya rasa ide ini cukup baik bila ada yayasan keagamaan di Indonesia yang mau mengikutinya. Mungkin dari hasil penjualan bisa dikembalikan lagi untuk membangun masyarakat sekitar.


Thrift Store (Toko Barang Bekas).
Tampak dari depan. Dijual mulai dari sofa, lemarii, kursi dlsbnya.

Beraneka ragam baju dijual dari lengan pendek,lengan panjang, baju hangat, celana panjang

Baju anak-anak, mainan anak, pajangan, baju pengantin-pun di jual juga..

Karena kami datang bertepatan dengtan perayaan ulang tahun toko tersebut jadi suasana agak meriah dengan hiasan balon, penyanyi di panggung, dan tidak ketinggalan mobil penjual burger...:)





1 comment: