Tuesday, February 28, 2012

Baby Quilt

Karena lagi seneng-senengnya membuat quilt, saya mencoba menantang diri sendiri untuk membuatkan baby quilt untuk 2 orang saudara saya yang waktu itu akan membuat Baby Shower. 
Sebenernya cukup nekad juga he..he..karena gak pake pattern, cuma ngarang2 sendiri ukurannya...:)

Ini dia Baby Quilt yang saya sempat dokumentasikan.

Baby Quilt ukuran 35x35 inches

Seperti ini proses pembuatannya :



Kain berwarna2 dan yang putih dipotong ukuran 7x7 inches
kemudian potong lagi sesuai dengan diagonal-nya,
dan akan didapat 4 segitiga.

Potong juga kain berwarna putih ukuranr 2x7 inches,


Kain segitiga berwarna disambung dengan kain putih panjang,
masing2 warna kain depan ditumpuk.
dijahit pinggir-nya dg jarak 1/4 inches.

Setelah dijahit, distrika spy lurus

dipotong ukuran segitiga


 kira2 gambarannya spt ini.

segitiga berwarna disambung jg dengan segitiga putih,
setelah itu disetrika lagi.


Setelah disambung-sambung, akhirnya berbentuk bujursangkar.
Diratakan ukurannya, juga diagonal-nya disamakan dengan
gambar diagonal di pengaris tsb.
ukuran kotak ini saya buat 5.5 x 5.5 inches


Ini kotak2 yang sudah jadi yang siap disambung2.

Sudah disambung kiri-kanan, sekarang tinggal sambung
atas & bawah

Agak kritis waktu menyambung atas dan bawah,
karena harus pas digaris-nya.
Saya pake jarum pentul spy tidak bergeser2 wkt dijahit.

Setelah disambung, disetrika kembali spy rata.

Diratakan kembali pinggir2nya.
potong kotak tsb dengan ukuran 10x10 inches
samakan garis sambungan dengan gambar diagonal pada penggaris.


9 kotak yang sudah rapi, tinggal di sambung2 lagi.


saya tambahkan warna merah untuk pinggir sebelah dalam
ukuran 1.25 x 38 inches


Ini buat binding-nya (list-nya)



Setelah saya quilt dengan menggunakan free motion,
terakhir saya menjahit binding.





No comments:

Post a Comment